Apa Itu Water Hammer?, Waspada Bahayanya Pada Mobil

    Apa Itu Water Hammer

    Apa itu water hammer?, pertanyaan itu sering kami dengar dari para konsumen kami. Apabila Anda belum seutuhnya memahami, Honda Makassar akan membantu menjelaskan dan membantu Anda untuk mengenal kondisi, pemicu sampai serentetan bahayanya. Karna, water hammer dapat menjadi permasalahan buruk apabila tidak ditangani dengan tepat.

    Ayo simak uraian masalah water hammer yang telah kami siapkan berikut ini ?

    Apa Itu Water Hammer?

    Water hammer ialah keadaan dimana mesin mobil tidak dapat menyala dampak air masuk ke dalam ruang bakar ataupun sistem pelumasan, alhasil kompresi tidak mampu berjalan. Bila air terbaur dengan oli, kemampuan sistem pelumasan terganggu.

    Kemudian, kondisi kayak apa yang dapat membuat air masuk ke sistem pembakaran dan pelumasan? Dari paparan di atas, bisa kita pahami kalau water hammer terjadi kala mobil terbenam air. Memang perkara yang setidaknya kerap dicemaskan oleh pemilik mobil yaitu banjir. Akan Tetapi rupanya tidak cuma itu, kubangan air di jalan pula mampu memicu water hammer.

    Ketika mobil tergenang, air dapat masuk ke dalam ruang pembakaran lewat saluran udara (air intake). Air yang masuk setelah itu memperoleh tekanan yang amat besar dari piston di ruang silinder. Sebab air tidak dapat dikompresi, piston yang bergerak ke atas tidak akan bisa memampatkan air. Akibatnya, stang piston menjadi bengkok. Atau lebih parah, elemen dalaman mesin mampu terhantam dan pecah.

    Segera Matikan Mesin Mobil!

    Segera mematikan mesin mobil tentu tindakan pertama buat menghindari terjadinya water hammer, selain itu, yaitu dengan tidak melaju di jalanan tergenang air yang tinggi atau banjir. Namun jika Anda dalam keadaan mendesak, cobalah berpatok pada ketinggian mobil di depan Anda saat berkendara.
    Janganlah paksakan menerjang genangan banjir saat dirasa air intake mobil Anda terletak lebih rendah daripada genangan banjir. Karena ruang bakar dan sistem pelumasan mobil Anda akan menghadapi risiko yang lebih besar untuk kemasukan air.

    Bila mobil terlanjur melintas di genangan, janganlah panik. Cepat matikan mesin, cabut kunci kontak serta kutub negatif aki untuk menghindarkan efek kerusakan yang lebih parah. Segera cari bantuan dan evakuasi mobil ke lokasi yang lebih aman.

    Tak Hanya itu, keadaan yang lebih sulit dihindari adalah mobil tergenang air dalam keadaan parkir atau diam. Kondisi seperti ini kerap kali terjadi saat intensitas hujan sedang tinggi, banjir pun terjadi di sejumlah wilayah rawan.

    Bila Anda tidak sempat mengamankan mobil, tetaplah tenang. Secepatnya air surut, tidak boleh langsung paksa menghidupkan mesin serta jangan coba memutar kontak ke posisi on. Memforsir mesin menyala cuma akan memperburuk kerusakan di ruang pembakaran dan sistem pelumasan.

    Menghadapi kondisi mobil terendam banjir, pastikan Anda ambil tindakan saat banjir telah benar-benar surut, atau paling tidak situasi jalanan telah membolehkan untuk mobil Anda berevakuasi. Dalam keadaan mesin mobil masih mati, lepaskan tuas hand brake dan dorong mobil ke area yang aman tanpa genangan. Jika situasi sudah mengizinkan, hubungi Dealer Resmi Honda Makassar terdekat supaya mobil dapat dibawa dengan towing, serta ditangani dengan langkah yang tepat dengan cara menyeluruh.

    Honda Makassar selalu siap sedia melindungi dan memberikan layanan terbaik untuk Anda. Kapan juga Anda memerlukan, bengkel resmi Honda selalu bisa Anda andalkan. Tentunya, memercayakan tenaga teknisi terpercaya dengan stok spare part original berkualitas.

    Sebaiknya menghindari daripada mengobati. Ayo selalu beri perlindungan ekstra untuk mobil kesayangan Anda! Selain hindari mobil dipaksa melaju di genangan air untuk cegah water hammer, ayo beri pemeliharaan secara rutin di bengkel resmi Honda terdekat di kota Anda.